Skip to content

Referensi Web Hosting

Awal bulan April kemarin, saya dimintai tolong untuk membuatkan web sejenis company profile sebuah lembaga pendidikan non-formal dan portal untuk alumninya. Mulailah saya berpetualang untuk mencari referensi web hosting yang murah, tapi fitur dan kualitasnya bagus.

Sebelum membangun website, tentunya kita harus tau dulu nanti websitenya akan seperti apa besarnya dan membutuhkan sumber daya yang bagaimana.

Berikut ini saya gambarkan hal-hal yang perlu kita perhatikan saat memilih web hosting, diantaranya:

  • Sistem operasi. Kalau kita membangun website berbasis ASP atau ASP .NET maka lebih baik kita menggunakan server berbasis Windows. Begitu pula kalau kita membangun website berbasis PHP maka alangkah baiknya kita menggunakan server berbasis Linux.
  • Jatah space dan kuota bandwidth transfer. Ini juga penting. Kalau web yang akan kita bangun itu besar dan kira-kira akan menimbulkan bandwidth transfer yang besar, maka pertimbangkan untuk mencari web hosting dengan jatah space dan bandwidth transfer bulanan yang besar. Syukur-syukur kalau nemu yang bandwidth transfer bulanannya unlimited. Tapi nggak ada yang jatah space-nya unlimited, hhee..
  • Live support. Sebagai calon pelanggan sebuah webhosting, tentunya kita nggak cuma menyewa tempat hosting aja kan. Kita juga butuh dukungan teknis maupun non-teknis dari pengelola hosting. Percuma juga andai kita udah menyewa space hosting, murah, tapi begitu ada masalah kita sulit untuk menghubungi pihak pengelola web hosting.
  • Nah, yang terakhir yang menjadi pertimbangan adalah harga. Setelah kita tau seperti apa website yang akan kita bangun, tentunya kita butuh webhosting yang bisa memenuhi kebutuhan website kita itu. Semakin tinggi kebutuhan kita, tentunya harga yang harus dibayar akan semakin tinggi pula. Itu wajar. Tapi sebisa mungkin kita cari web hosting yang semurah mungkin, tapi bisa memenuhi kebutuhan kita akan resource dan support untuk website kita.
Jika kita menginginkan web hosting yang benar-benar reliable dan berkualitas untuk website penting, pilih aja web hosting yang disediakan oleh ISP seperti layanan hosting dari Telkom atau Biznet, atau ISP lainnya. Mahal memang. Tapi kita dapat value sesuai yang kita bayarkan. Seperti pengalaman saya beberapa tahun lalu, ketika dimintai tolong membuatkan website company profile sebuah firma hukum profesional, saya menggunakan Telkomhosting. Dan memang, apa yang kita dapatkan sesuai dengan yang kita bayarkan.
Nah, untuk yang ingin menyewa web hosting tapi dengan budget terbatas, ada beberapa web hosting yang bisa dijadikan referensi:
  • Jetdino. Ini adalah web hosting yang saya pakai untuk website profil lembaga pendidikan seperti yang saya sebut di atas. Paket starter dengan space 250MB dan bandwidth unlimited dengan harga Rp100,000,- pertahun, saya pikir cukup lah untuk web profil lembaga pendidikan tersebut dan portal alumninya. Selain itu, Jetdino punya live support 24 jam untuk mendukung kliennya.
  • RumahostingRumahhosting meyediakan paket paling murah yaitu Paket Suuuuperrrrrr Murah !! dengan spesifikasi kapasitas disk 175MB dan bandwidth 17.5 GB per bulan. Harga hanya Rp35,000,- per tahun.
  • EazysmartSaat ini Eazysmart memberikan promo untuk paket Bronze dengan kapasitas disk space 200MB dan bandwidth unmetered seharga Rp90,000,- per tahun.
  • Pusathosting.
  • Idwebspace.
  • Idwebhost.
  • Rumahweb.
Untuk informasi lengkapnya, silahkan kunjungi masing-masing websitenya dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Diantara yang saya sebutkan tadi, ada dua yang menyediakan trial hosting, yaitu Idwebhost dan Rumahweb. Jadi kita bisa mencoba fiturnya dahulu sebelum memutuskan untuk menyewa web hosting tersebut.
Semoga bermanfaat.

Salah satu referensi saya dalam berpetualang mencari web hosting ada di sini.
Published inNotes