Skip to content

Service Error 5100

Sejak tadi sore, saya ngeprint sertifikat untuk peserta sebuah kegiatan. Jumlahnya ya cukup banyak lah. Ngeprint kurang satu lembar, eh printer Canon Pixma IP1600 saya mogok. Peringatan yang muncul di layar komputer adalah Service Error 5100.

Nah, mulailah penjelajahan di lembah maya untuk mencari arti Service Error 5100. Kunjungan ke Ki Gugel langsung mendapat jawaban yang cukup memuaskan. Di salah satu web yang disarankan Ki Gugel, ada penjelasan:

Service Error 5100 ini sering dialami pada saat printer baru dinyalakan, atau pada saat printer sedang persiapan untuk mencetak. Hal ini disebabkan karena carriage catridge tidak dapat bergerak, atau pergerakannya terhambat oleh “sesuatu”.

Cara ini digunakan untuk semua jenis printer canon IP1200, IP1300, IP1500, IP1600, IP1700, IP1800, IP1900, MP140, MP150, MP160, MP180

Yah, mungkin ada kuman yang mengganggu kerjanya si carriage catridge, maka hal pertama yang saya lakukan adalah mematikan printer. Saya buka kapnya. Kemudian saya gerak-gerakkan carriage catridge mentok ke kanan, kemudian mentok ke kiri. Lalu saya kembalikan ke tempat parkirnya di kanan. Setelah itu, saya coba nyalakan kembali. Ternyata errornya hilang dan printernya kembali bekerja seperti semula. 😀
Berdasarkan beberapa referensi di internet yang saya baca, error seperti ini bisa terjadi karena beberapa sebab. Diantaranya:
  • Carriage catridge tidak parkir dengan sempurna.
  • Ada sesuatu yang menghambat jalannya carriage catridge. Seperti selang infus, keringnya komponen-komponen mekanik, kotor, dan sebagainya.
Solusinya:
  • Coba seperti yang saya lakukan di atas.
  • Periksa kembali tata letak selang infus, siapa tahu menghambat jalannya carriage cartridge.
  • Periksa komponen-komponen mekanik. Jika kotor, bersihkan. Jika kering, beri grease. Jangan melumasi dengan oli.
  • Kalau beberapa solusi di atas tidak memberikan hasil yang memuaskan, coba bawa ke tukang servis printer. Semoga dia bisa mengatasinya… 😀
Published inIT Related