Skip to content

Pengalaman Pribadi Menggunakan Komputer

Saya telah mengenal dan menggunakan komputer kira-kira sejak TK. Ya, pada saat itu saya menggunakannya hanya untuk bermain game tembak-tembakan, hhee. Komputer yang ada pada saat itu merupakan komputer desktop jadul (yang CPUnya tidur di kolong monitor) dengan spesifikasi yang saya sendiri tidak tahu. Setelah TK, saya sudah tidak menyentuh komputer lagi hingga kelas 4 SD. Pada saat itu ayah saya diberi komputer bekas kantor dengan spesifikasi Pentium 1, 128MB RAM dan 10GB HDD. Saya sendiri banyak menggunakannya hanya untuk mengetik dan mendengarkan musik (saya mulai tidak suka main game). Lulus SD saya hijrah menuntut ilmu di Singosari. Otomatis saya tidak pernah menyentuh komputer kecuali di warnet. Baru pada saat saya kelas 3 SMP, saya mendapat amanah menjadi video editor dan digital sound engineer untuk bagian produksi di pesantren tempat saya menuntut ilmu. Sejak itu saya mulai menyentuh komputer lagi.

Lulus SMP saya melanjutkan ke SMKN 1 Singosari mengambil jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau Software Engineering. Pertengahan kelas X SMK saya mampu membeli laptop sendiri dari hasil lomba. Spesifikasi laptop saya waktu itu adalah AMD Sempron 2.8, 512MB RAM dan 40GB HDD. Lumayanlah untuk membantu saya mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Pengalaman menggunakan komputer paling banyak ya pada saat saya mempunyai laptop sendiri. Pernah gonta-ganti antivirus karena saya sering bereksperimen dengan virus dan sempat terinfeksi sampai parah. Laptop mati total juga pernah. Yang namanya kehilangan seluruh data juga telah saya alami sehingga saat ini –alhamdulillah- saya telah sering melakukan backup, restore dan recovery data. Suatu ketika saya ingin upgrade HDD karena dirasa kurang. Saya datang ke service center supaya saya ditolong untuk meng-upgrade HDD. Tapi mereka bilang nggak sanggu dengan berbagai alas an yang menjengkelkan dan nggak masuk akal. Akhirnya saya berinisiatif membeli HDD sendiri di Hi-Tech Mall. Kemudian saya bongkar kompartemen HDD di laptop dan saya ganti HDD lama dengan yg baru. Ternyata proses penggantian ini hanya menyita waktu kurang dari 5 menit.

Lulus SMK, saya dihadiahi laptop baru oleh ayah dengan spesifikasi Core2Duo 2.0GHz, 2GB RAM, dan 250GB HDD. Saya kira ini cukup untuk mengerjakan tugas-tugas saya saat ini sebagai lulusan SMK, mahasiswa STIKOM dan sebagai pembina salah satu ekstrakulikuler di sekolah saya dulu…

Published inNotes