Skip to content

Setting Windows Live Custom Domain di sPanel

spanelsPanel adalah panel kontrol hosting seperti cPanel maupun Plesk, akan tetapi sPanel dikembangkan oleh MWN untuk kebutuhan penggunaan di MWN sendiri.

Penggunaan sPanel memang tidak luas karena sPanel hanya ada di MWN, sehingga panduan-panduan pun jarang tersedia di internet, kecuali dari knowledgebase-nya MWN.

Untuk itu, pada tulisan kali ini saya ingin membuat sebuah note mengenai setting MX dan TXT, untuk Windows Live Custom Domain di sPanel. Jika Anda mencari panduan tentang setting Google Apps, atau tentang setting di cPanel, silahkan googling saja. Karena di internet banyak sekali. Smile

windows-live-logoWindows Live Custom Domain adalah sebuah paket layanan berbasis cloud computing dari Microsoft, yang dapat digunakan dengan domain sendiri. Beberapa diantara layanannya adalah Hotmail, Skydrive, Calendar, Contacts, Groups, Office Web App, Photos, dll.

Layanan-layanan ini mirip dengan layanan dari Google Apps. Hanya saja, saat tulisan ini dibuat, Google Apps versi gratis membatasi maksimal hanya 10 akun dengan jatah 7GB untuk masing-masing akun. Sedangkan di Windows Live Custom Domain, jumlah akun maksimal adalah 500 akun, dengan masing-masing akun memiliki jatah 7GB, dan dapat meningkat menjadi 25GB apabila akunnya terus aktif digunakan.

Mendaftarkan Domain di Windows Live

Untuk dapat menggunakan custom domain di Windows Live, kita harus mendaftarkan domain kita di http://domain.live.com. Berikut ini cara singkatnya:

  1. Masukkan domain yang ingin Anda gunakan untuk Windows Live Custom Domain, biarkan opsi terpilih pada Set up Windows Live Hotmail for my domain, lalu klik Continue.
  2. Anda akan diminta login dengan Windows Live ID. Anda punya dua opsi, apakah akan menggunakan Live ID yang sudah Anda punyai, atau membuat Live ID baru dengan nama domain Anda sendiri.
  3. Disini saya login menggunakan Live ID yang telah saya miliki. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat membuatnya dengan memilih opsi membuat Live ID baru dan ikuti langkah-langkahnya.
  4. Sampai pada halaman Review settings and accept agreement, klik Accept.
  5. Langkahnya saya persingkat, diasumsikan kita sudah mendaftarkan domain kita dan tiba di halaman Windows Live Admin Center seperti dibawah ini:

    image

  6. DIsitu terlihat ada warning yang menunjukkan bahwa kita harus melakukan beberapa setting di domain kita. Setting apa saja yang harus dilakukan, ada petunjuknya di halaman tersebut.

Setting A, MX dan TXT di sPanel

  1. Login ke sPanel Anda.
  2. Arahkan mouse ke menu DomainKelola Domain dan DNS – pilih domain – Sunting DNS.
  3. Lakukan setting A, MX dan TXT sesuai dengan yang ada di halaman Windows Live Admin Center, sehingga tampak seperti di bawah ini:

    A-MX-TXT

  4. Jika sudah selesai, klik tombol Selesai.

Setelah semuanya selesai dilakukan, proses integrasi MX akan memakan waktu beberapa menit hingga 48 jam. Sambil menunggu proses intrgrasi, coba kembali ke halaman Windows Live Admin Center dan klik Refresh. Jika proses integrasi ternyata telah selesai, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:

image

Jika layanan telah aktif, Anda dapat melakukan setting lainnya seperti Custom Address, menambah akun, dan lain sebagainya.

Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, jangan segan-segan kirim email ke saya di [email protected], atau komentar saja pada kolom komentar dibawah. Smile

Published inIT Related